Berita Desa

Launching Desa Gedangan sebagai Desa Digital

24 September 2020
Administrator
Dibaca 51 Kali

Desa Gedangan Kecamatan Sukgumiwang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bertekad memajukan desa dengan digitalisasi yang dilakukan di wilayahnya, dibuktikan dengan adanya peluncuran Desa Gedangan sebagai desa digital yang dilakukan oleh Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat, Kamis (24/09/2020) di halaman kantor balai desa Gedangan.

Dalam acara launching desa digital tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indramayu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Indramayu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indramayu dan berbagai unsur masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Sukagumiwang.

Kuwu Desa Gedangan, Supendi, A.Md menjelaskan bahwa dengan diresmikanya Gedangan sebagai Desa Digital diharapkan masyarakat secara umum lebih mudah dalam mengakses informasi yang akurat dan valid yang bersumber dari pemerintah desa. bukan bersumber dari informasi hoax yang sedang marak terjadi di dunia maya. 

Selain itu juga masyarakat dapat mendapat manfaat berupa pelayanan publik yang lebih mudah, aman, dan efisien. cukup dari rumah saja menggunakan gadget yang terhubung dengan internet masyarakat dapat melakukan permohonan surat, mengirim pesan ke perintah desa, melihat profil, melihat riwayat permohonan, melihat status bantuan yang didapat dan mencetak Kartu Keluarga.

Sementara itu Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat, SH mengatakan, hadirnya digitalisasi ini diharapkan akan membuat masyarakat Desa Gedangan menjadi semain cepat dan mudah dalam mengurusi berbagai keperluan administrasi, sehingga efisiensi waktu pelayanan akan optimal serta tingkat kepuasan pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat akan jauh lebih tinggi.

Disamping memudahkan pelayanan, kehadiran desa digital desa Gedangan juga mampu meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat desa. "Berbagai potensi yang ada di desa. misalnya produk UMKM atau Pariwisata bisa disebarluaskan melalui website desa dan kemudian akan membuat banyak orang mengetahui keunggulan dan setidaknya memberikan stimulus kepada orang lain untuk berkunjung atau membeli produk khas Desa Gedangan sehingga nantinya akan berdampak positif terhdap perekonomian," kata Taufik

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image