Setelah pemdes, Kini Masyarakat Mendapatkan Vaksinasi Covid-19.

24 Maret 2021
Tim Redaksi
Dibaca 170 Kali

Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu gencar melaksanakan percepatan Vaksinasi Covid-19, dimulai dari tenaga kesehatan, pejabat publik dari tingkat daerah sampai desa juga tenaga pendidik. Kini giliran masyarakat mendapatkan Vaksinasi Covid-19. Namun menurut Kuwu Supendi, A.Md untuk sementara tidak semua masyarakat mendapatkan vaksin, berdasarkan Surat Bupati Indramayu Nomor 440/585-Dinkes disebutkan bahwa dalam rangka percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu terdiri dari ASN di Lingkungan Kecamatan, Kuwu/Perangkat Desa/RT/RW, dan Lansia.

Untuk Vaksinasi oleh ASN di lingkungan Kecamatan dan Kuwu beserta perangkat desa sudah dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Maret 2021, terkait dengan Vaksinasi bagi Lansia sesuai dengan surat dari Dinas Kesehatan UPTD Puskesmas Sukagumiwang Nomor 005/148/III/2001 bahwa Desa Gedangan mendapatkan jadwal Vaksinasi Covid-19 bagi lansia (usia diatas 45 Tahun) pada hari Senin 23 Maret 2021 dan bertempat di aula desa gedangan.

Kuwu Supendi, A.Md menjelaskan bahwa "Desa Gedangan untuk Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 mendapatkan 74 sasaran, dan dari pemdes sejak h-1 pelaksanaan sudah menyebarkan undangan kepada warga-warga yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 ".

Pada saat pelaksanaan pihak Puskesmas Sukagumiwang menyediakan lebih vakasin dari sasaran yang di beritahukan sebelumnya, dimana sebelumnya mendapatkan bagian 74 untuk diajukan melaksanakan vaksinasi, tetapi pihak Puskesmas menyiapkan sekitar kurang lebih 100 vaksin. Melihat masih ada kesempatan untuk warganya melakukan vaksinasi, Kuwu Supendi berinisiatif mengundang warganya melalui speaker masjid. "Melihat masi ada kesempatan untuk warga desa Gedangan untuk ikut melaksanakan kegiatan vaksinasi, kami pihak pemdes mengundang warga yang memenuhi kriteria untuk datang ke Balai Desa untuk ikut melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid 19" Setelah diumumkan melalui speaker masjid sasaran masyarakat yang akan di Vaksinasi tidak hanya dari masyarakat yang mendapatkan undangan, tetapi masyarakat yang tidak mendapatkan undangan banyak yang hadir untuk melaksanakan Vaksinasi Covid-19. "Jadi jumlah keseluruhan sasaran vaksinasi di desa Gedangan pada tahap 1 terdapat 96 sasaran, namun dari 96 tersebut ada 8 orang yang tertunda di sebabkan tidak lolos dalam proses screaning, jadi pada tahap pertama warga dilakukan screaning untuk di cek siap atau tidak untuk di Vaksin. Dari 8 orang tersebut diantaranya tidak memenuhi kriteria karena tekanan darah tinggi, kemudian mempunyai penyakit bawaan sehingga untuk 8 orang ini tertunda"

Lebih lanjut beliau berharap dalam waktu dekat kegiatan Vaksinasi Covid-19 dapat dilaksanakan kepada semua elemen masyarakat, sehingga tidak hanya lansia yang mendapatkan Vaksin tetapi semua warga dapat merasakannya. Karena mendapatkan vaksin adalah hak setiap warga masyarakat dan sudah sepatutnya kegiatan ini kita dukung dan sama-sama kita mensukseskan kegiatan Vaksinasi Covid 19 agar semua masyarakat dapat terhindar dari Wabah Virus Covid-19. Tutupnya

#JanganTakutDivaksin #SayaSiapDivaksin #GedanganMembangun